Multimedia

SMK Swadhipa 1 Natar

Apa Itu Multimedia?

Fotografi

Fotografi adalah proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Videografi

Videografi mengacu pada proses pengambilan gambar bergerak di media elektronik dan bahkan streaming media. Istilah ini mencakup metode produksi video dan pascaproduksi. Itu bisa dianggap setara dengan sinematografi video.

Desain Grafis

Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.

Animasi

Animasi adalah gambar yang bergerak, berasal dari kumpulan objek yang telah di susun sedemikian rupa dan bergerak mengikuti alur yang sudah ditetapkan setiap hitungan waktu. Dalam hal ini yang dimaksud dengan “objek” dapat berupa tulisan, gambar hewan, gambar tumbuh-tumbuhan, gambar manusia, dan lain-lain.

Sejarah

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa (berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman.

Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

 

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau.

Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Pengertian

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Multimedia SMK Swadhipa 1 Natar

Paket Keahlian Multimedia SMK Swadhipa 1 Natar, berdiri sejak tahun 2014. Paket Keahlian Multimedia SMK Swadhipa 1 Natar beralamat di Jl. Raya Bumisari No.217 Natar, Lampung Selatan.

Paket Keahlian Multimedia SMK Swadhipa 1 Natar saat ini telah terakreditasi B. Paket Keahlian Multimedia secara khusus memiliki sasaran untuk menyiapkan siswa agar mampu menyampaikan pesan dan informasi yang dapat digunakan melalui berbagai media yang ada, seperti media teks, grafis, animasi, audio, video dan media interaktif.

Paket keahlian multimedia SMK Swadhipa 1 Natar memiliki tujuan, yaitu :

  1. Mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat dalam bidang Multimedia.
  2. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
  3. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam paket Multimedia.
  4. Menyiapkan lulusan professional yang memiliki ketrampilan dalam bidang Multimedia bagi dunia usaha dan industri
  5. Menyiapkan tenaga kerja yang mampu mengembangkan diri dan mampu berkompetisi dalam dunia kerja Multimedia.
  6. Menyiapkan wirausaha yang handal di bidang Multimedia

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

Kelulusan tiap tahun pada Paket Keahlian Multimedia adalah 100%. Prospek Alumni Multimedia dapat melanjutkan kuliah, berwirausaha, dan bekerja sesuai kemampuan berikut:

  1. Desainer Grafis dan Ilustrasi
  2. Web Design and Development
  3. Fotografi dan Pengolahan Grafis
  4. Animator 2D dan 3D
  5. Character Game
  6. Designer
  7. Pengambilan Gambar dan Editing Film/Video
  8. Pengolahan Efek Video
  9. Pengolahan Audio
  10. Desain Multimedia Interaktif

Prestasi

Karya